Symposium on Nutri Indonesia : Updating on Nutrition Science

March 28, 2016

 

Dr Lucy, apakah boleh kami diceritakan secara singkat sejarah diadakannya Symposium on Nutri Indonesia?

 

Symposium on Nutri Indonesia diselenggarakan atas prakarsa Dr. dr. Iqbal Mustafa, SpAn dan Prof. Xavier Leverve, MD, PhD.  Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2003 di Jakarta oleh Yayasan Nutri Indonesia (YNI), dengan ketua panitia adalah Iqbal Mustafa. Sejak tahun 2011, Symposium on Nutri Indonesia diselenggarakan oleh Perhimpunan Nutrisi Indonesia (Indonesian Nutrition Association), yang merupakan reorganisasi YNI.  Sedianya simposium dilaksanakan setiap tahun tetapi pada beberapa kali tidak dapat terselenggara, serta beberapa kali diselenggarakan di luar Jakarta.

 

Apakah tujuan dari diadakannya Symposium on Nutri indonesia setiap tahunnya oleh Perhimpunan Nutrisi Indonesia? 

 

Tujuan Symposium on Nutri indonesia, tetap sama seperti pada saat awal diselenggarakan, yaitu menjadi wadah untuk membagikan dan sekaligus berbagi /sharing pengetahuan tentang nutrisi.  Dengan hadirnya sahabat/nara sumber manca negara, materi diskusi lebih luas dan kekinian.  Selain itu, simposium ini juga memberikan kesempatan bagipara pakar dan peminat gizi untuk menampilkan karya ilmiah baik penelitian atau laporan kasus yang dilakukan.

 

Apakah yang membedakan the 11th Symposium on Nutri Indonesia tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya? 

 

The 11th Symposium on Nutri Indonesia 2016 istimewa karena diselenggarakan berbarengan dengan The 3rd International Nutrition Symposium.  Acara ini sangat positif karena memudahkan dan meringankan biaya bagi peminat nutrisi lingkup internasional yang dapat diikuti di tanah air.

 

Tema yang diangkat tahun ini adalah Nutrition as food, supplement and therapy, pesan apa yang ingin disampaikan kepada calon peserta dengan diusungkannya tema ini?

 

Tema tersebut dipilih karena ilmu nutrisi moderen tidak hanya memperlakukan/memanfaatkan nutrisi sebagai makanan semata, tetapi juga pada saat tententu dapat berperan sebagai suplemen atau obat (terapi).  Sehingga, dengan mengusung tema tersebut, diharapkan akan membuka wacana dan meningkatkan pengetahuan tentang nutrisi dalam mendukung kesehatan dan pencegahan/penyembuhan penyakit.

 

Kami perhatikan ada cukup banyak pembicara internasional yang akan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, bagaimana INA membina hubungan dengan para pembicara internasional ini sehingga mereka ingin turut serta dalam Symposium ini? 

 

Para narasumber asing adalah sahabat INA, sahabat alm Iqbal Mustafa yang telah mendukung dan hadir sejak penyelenggaraan pertama, serta narasumber yang dihadirkan oleh sponsor.  Hubungan dengan para narasumber lebih bersifat persahabatan dan ikatan yang bersifat ilmiah.  Dalam artian, para narasumber tersebut hadir atas dukungan finansial dari institusi asal.

 

Siapa saja yang bisa mendaftar untuk mengikuti symposium ini?

 

Kami sangat terbuka bagi semua peserta yang ingin mengikuti simposium ini.  Para sejawat dokter yang dalam kegiatan sehari-hari bersentuhan dengan nutrisi, akan mendapat banyak menfaat dari mengikuti acara simposium ini.  Demikian juga sejawat dietisien dan perawat, serta para peminat nutrisi lainnya. 

 

Bagaimana cara mendaftarnya?

 

Pada penyelenggaraan Symposium on Nutri Indonesia, kami menunjuk PACTO Convex sebagai rekanan pelaksana termasuk pendaftaran. Bagi pendaftar , silakan menghubungi PACTO Convex Phone : (62-21) 570 5800 Ext 504; 5735538 (Direct) atau secara online

Pendaftar mahasiswa mendapat keistimewaan biaya lebih murah, demikian pula anggota organisasi pendukung.  

 

Pertanyaan terakhir dok, apakah ada harapan Symposium on Nutri Indonesia ini untuk tahun-tahun yang akan datang akan berkembang seperti apa? 

 

Diharapkan, Symposium on Nutri Indonesia di tahun-tahun mendatang dapat memberikan lebih banyak fasilitas dan kesempatan diskusi/sharing ilmiah sesuai dengan perkembangan jaman.  Kami juga berharap akan lebih banyak organisasi serta sahabat narasumber asing yang mendukung.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Physical Activity for Children : A Nutrition Guidance

August 17, 2019

1/8
Please reload

Recent Posts